Sunday, June 26, 2016

Webometrics

Pada post sebelumnya saya telah membahas website 4ICU untuk menentukan peringkat universitas di seluruh dunia, sekarang saya akan membahas website yang serupa fungsinya dengan 4ICU yaitu Webometrics.
Pengertian Webometrics

Menurut Wikipedia Webometrics adalah inisiatif untuk mempromosikan dan membuka akses publikasi ilmiah guna meningkatkan kehadiran akademik dan lembaga-lembaga penelitian di Situs Web. Peringkatan dimulai pada tahun 2004 dan didasarkan pada gabungan indikator yang memperhitungkan baik volume maupun isi Web, visibilitas dan dampak dari publikasi web sesuai dengan jumlah pranala luar yang diterima. Peringkat ini diperbaharui setiap bulan Januari dan Juli, penyedia Web indikator universitas dan pusat penelitian di seluruh dunia. Pendekatan yang mempertimbangkan berbagai kegiatan ilmiah diwakili di situs akademik yang sering diwakilkan dengan penggunaan indikator bibliometrik.
Metode Penilaian Webometrics

Metode penilaian ini akan dipakai untuk perhitungan peringkat universitas di bulan Juli 2013. Metode penilaian yang baru adalah sebagai berikut :

Visibility (50%)
IMPACT, dengan kata lain impact menurut penulis adalah jumlah backlink atau link yang didapat oleh sebuah universitas dari pihak ketiga, dan dalam perhitungan ini jenis backlink dibagi menjadi dua, yaitu backlink aktif saat ini yang diambil dari perhitungan oleh website Majesticseo dan backlink histori yang diambil dari websiteahrefs.

Activity (50%)
·         PRESENCE, ini adalah banyaknya jumlah halaman website dan banyaknya file (rich file) yang ada pada sebuah domain ataupun subdomain dari suatu universitas yang terindeks oleh mesin pencari Google.
·         OPENNESS, jumlah jurnal, artikel ilmiah ataupun penelitian yang ada dan telah diterbitkan (diupload) ke dalam website pada domain ataupun subdomain sebuah universitas, dan syarat utamanya adalah file atau tulisan harus dalam bentuk pdf.
·         EXCELLENCE, jumlah penelitian ilmiah yang berlabel internasional dan terdaftar pada Scimago Group, dalam hal ini juga termasuk jurnal internasional yang telah terindeks atau terpublish pada Scopus.
Peringkat Universitas

Sebelum membahas tentang peringkat universitas pada Webometrics, saya akan menunjukkan tampilan awal website Webometrics yaitu sebagai berikut.

Selanjutnya saya akan menunjukan peringkat universitas dalam skala internasional atau dunia yaitu sebagai berikut.


Tidak lupa saya cantumkan peringkat universitas yang ada di Indonesia seperti berikut.

Sumber :
http://www.webometrics.info/
http://ferdi.blog.unas.ac.id/artikel-bebas/perhitungan-peringkat-di-webometrics/
https://id.wikipedia.org/wiki/Peringkat_Universitas_Dunia_Webometrics

No comments:

Post a Comment