Saturday, June 6, 2015

Mimpi dan Harapan



Manusia adalah makhluk yang pastinya pernah bahkan sering bermimpi dan berharap dalam hidupnya. Kedua hal itu merupakan hal yang penting dalam hidup untuk memberikan seorang individu suatu motivasi atau dorongan untuk menggapai sesuatu. Apakah mimpi dan harapan itu berbeda? Kedua hal ini memang memiliki arti yang sama namun jika dimengerti lebih dalam perbedaannya sangat tipis.

Mimpi adalah suatu harapan dan angan kita saat kita tak sadar, dalam hal ini adalah tertidur atau beristirahat. akan tetapi banyak orang hanya menganggap mimpi itu adalah sebuah bunga tidur. akan tetapi apabila kita yakin dan berusaha akanlah kita mendapatkan mimpi – mimpi yang awalnya hanyalah bunga tidur tadi. Sedangkan harapan itu adalah suatu angan kita secara sadar kita menginginkannya. jadi dengan itu kita langsung berusaha untuk mendapatkan harapan tadi. Sebagai contoh kita memiliki harapan mendapatkan pendapatan tinggi, ya kita berusaha dengan bekerja keras sesuai dengan kemampuan kita.

Terkadang seorang individu terlalu sering berharap pada sesuatu sampai-sampai melupakan aspek penting lainnya agar harapan itu tercapai yaitu adalah usaha dan doa. Kedua hal itu sangat berhubungan dengan harapan yang sering dilupakan oleh manusia yang hanya bisa mengharapkan sesuatu. Bagaimana mungkin sesuatu terjadi begitu saja tanpa adanya usaha ataupun doa. Inilah problema yang sering dialami manusia masa kini yang sudah terlena dengan dunia yang sudah mencapai era yang modern sehingga sering kali malas melakukan sesuatu dan hanya bisa melamun dan berharap. Setelah ketiga aspek itu dijalankan maka langkah terakhir yaitu menyerahkan semuanya kepada Tuhan Yang Maha Esa untuk menilai apakah harapan kita pantas untuk dikabulkan atau tidak.

Harapan saya sendiri yang utama adalah membanggakan kedua orang tua karena mereka lah yang selama ini bertanggung jawab atas saya mulai dari saya lahir sampai sekarang ini dan bahkan mungkin saya pun tidak bisa membalas jasa yang telah mereka berikan namun saya selalu berusaha untuk melakukan yang terbaik untuk mereka. Maka dari itu saya pun berharap kepada para generasi muda di dunia ini untuk terus menjalani hidup dengan harapan dan mimpi yang disertai dengan doa dan usaha karena hidup bukanlah ‘hidup’ jika tidak ada sesuatu yang ingin digapai.


Sumber :
https://myexperienceoflife.wordpress.com/2013/02/14/harapan-dan-impian/

No comments:

Post a Comment