Saturday, April 30, 2016

Research Gate

            Pada kesempatan kali ini saya akan me-review sebuah situs web yang sangat berguna bagi para orang yang ingin saling berbagi karya tulis ilmiah yang berupa penelitian dalam website tersebut yaitu Research Gate. Pengertian dari Research Gate ini sendiri yaitu sebuah situs web jejaring sosial gratis dan alat kolaborasi bagi para ilmuwan sains dari segala jenis disiplin sains. Situs ini menyediakan pelbagai aplikasi web termasuk pencarian semantik (mencari seluruh abstrak), berbagi file, berbagi database publikasi, forum, diskusi metodologi, grup, dan berbagai aplikasi lainnya.
            Ketika pertama kali membuka situs Research Gate(https://www.researchgate.net) maka akan muncul tampilan seperti berikut.


            Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah mendaftarkan akun dengan mengklik “Join for free”. Lalu kita akan memilih kategori ingin mendaftar sebagai apa, contohnya seperti guru, dosen, pelajar, atau lainnya. Selanjutnya kita akan dihadapkan dengan beberapa form untuk mengisi biodata dan lain – lain. Perlu diketahui bahwa pada saat memasukkan e-mail saat ingin mendaftar, e-mail yang dimasukkan adalah e-mail yang berhubungan dengan institusi yang kita pilih, bukan e-mail pribadi. Misalnya jika kita mendaftar dan memilih sebagai mahasiswa di Universitas Gunadarma maka kita perlu memasukkan e-mail mahasiswa yang telah disediakan oleh Universitas tersebut. Jika sudah mengisi semua form pendaftaran maka kita akan dikirimi e-mail verifikasi untuk akun Research Gate dan kita harus mengkonfirmasinya dengan membuka e-mail dan mengklik button yang ada pada e-mail tersebut.
            Setelah kita selesai mendaftar dan mengkonfirmasi e-mail verifikasi maka kita akan masuk ke dalam akun yang sudah dibuat tadi. Tampilannya sebagai berikut.



            Gambar pertama merupakan tampilan Home/Beranda saat pertama login dan gambar kedua merupakan contoh profil jika kita ingin melihat profil kita, di sini saya mengambil contoh dengan screenshot profil saya.
            Setelah saya menjelaskan apa itu Research Gate tadi, kali ini saya akan me-review beberapa  dosen yang sudah berkontribusi dan berpartisipasi dalam Research Gate ini.

1.         Eri Prasetyo


            Beliau adalah dosen saya yang mengajar mata kuliah Softskill yaitu Web Science. Beliau telah mempublikasikan 30 tulisan dan kebanyakan tulisannya berbahasa inggris, jadi beliau sudah banyak berpartisipasi dan memberikan kontribusi bagi para pembaca lain. Tulisannya juga sudah banyak dibaca orang yaitu sekitar 1000 kali lebih. Beliau menganut disiplin ilmu di bidang Computer Engineering, Electrical Engineering, dan Electronical Engineering. Skill – skill yang dimiliki beliau di antaranya adalah CMOS, VLSI Technology, Microelectronics, Circuit Simulation, dan Mentor Graphics.

2.        Setia Wirawan


            Beliau juga dosen saya yang mengajar mata kuliah Sistem Informasi Akuntansi Keuangan di semester 3 lalu. Beliau telah mempublikasikan sebanyak 6 tulisan, sudah cukup banyak berkontribusi bagi Research Gate. Tulisannya juga sudah banyak pula dibaca orang yaitu sekitar 400 kali lebih. Beliau menganut disiplin ilmu di bidang Software Engineering, Databases, dan Programming Language. Skill – skill yang dimiliki beliau di antaranya adalah Web Development, Software Development, Object-Oriented Programming, jQuery dan Web Designing.

3.        Made Wiryana


            Terakhir yaitu juga seorang dosen yang mengajar di Universitar Gunadarma, walaupun saya belum kebagian diajarkan beliaui. Beliau telah mempublikasikan sebanyak 13 tulisan, sudah cukup banyak berkontribusi bagi Research Gate. Tulisannya juga sudah banyak pula dibaca orang yaitu sekitar 200 kali, namun bedanya dengan dosen – dosen yang saya review tadi, banyaknya tulisan beliau tidak sebanding dengan Reads yang didapatkan beliaui. Beliau menganut disiplin ilmu di bidang Computer and Society, Computer Security and Reliability, dan Computer Communications(Networks). Skill – skill yang dimiliki beliau di antaranya adalah Computer Security dan IT Forensics, Social Media, Sustainable Development, dan Semantic Web.

            Selesai juga tulisan saya kali ini mengenai Research Gate. Kesimpulan yang bisa saya ambil yaitu Research Gate merupakan salah satu situs penyedia wadah bagi para ilmuwan yang ingin saling berbagi layaknya social media seperti Facebook, Twitter, dan lain – lain karena tidak hanya berbagi tulisan tentang penelitian namun situs ini juga menyediakan fitur untuk mengikuti akun lain agar bisa terus update dengan apa yang diupload oleh akun tersebut. Research Gate juga berguna bagi para netizen yang ingin menambah ilmu dengan berbagai macam tulisan yang tersedia dalam Research Gate. Sekian tulisan ini, saya akhiri dan terima kasih.

No comments:

Post a Comment